Monday, September 05, 2005

Long Weekend

2 September 2005 Jam 04.30

Dengan berbekal beban berat, alias bawaan yang segudang dan penumpang yang berjubel .. tetap nekad juga meninggalkan Surabaya menuju kota Ponorogo.
Satu mobil berisi 8 orang. Itu bukan masalah, yang menjadi problem besar ternyata si Bapak lupa gak check mobil kalau sebenarnya tuh mobil waktunya ganti accu. Alhasil mobil mogok di daerah nganjuk. Beruntunglah ada bengkel di dekat situ.

Bonek .. alias bondo nekad, mobil tetep dilajukan daripada harus menunggu 2 jam, spy accu dingin dulu. Dan kita sekeluarga berhenti untuk minum es degan di daerah hutan jati caruban. Wuihhh seger.
Sampai Ponorogo jam 12.30, dengan keadaan selamat. Thanks God.

Si mbah Putri aku (nenek), berlinang air mata kerinduan menyambut cucunya yang dia sanjung katanya cantik, he..he.. :) (gak boleh sirik ya..)
Si mbah ini tinggal sendirian. Dan sekedari informasi si mbah udah berusia hampir 100 tahun (gak tahu sih tepatnya berapa).
Karena rindu dengan suasana pedesaan ... aku jalan-jalan keliling kebun si mbah. Dan dengan sukses menemukan kekecewaan, setelah mengetahui seluruh tanaman mangga si mbah belum berbuah. Untuk mengobati kecewaku, aku mencari ketela pohon yang disinyalir bisa dibikin ubi bakar dengan rasa nikmat dan gurih.

Malam harinya jjs ke alun-alun. Sekedar beli celana pendek, lumayan sih harganya murah cuma 15 ribu. Tapi aku menemukan kekecewaan lagi ... aku gak menyadari kalau berat badanku udah gak 43 kg lagi ... aku gak menyadari kalau pantatku udah gak cukup untuk ukuran S atau M. Ternyata celana pendek itu gak muat, cuma nyantol di paha aja...kasihan deh :) kenapa berat 50 kilo aja jadi susah? Semua celana jeans dan rok aku harus diberikan kepada yg membutuhkan...yaaa akhirnya kuberikan pada sang calon adik ipar (pacar adik aku).

3 September 2005

Pagi-pagi mandi ..wuiiih dingin banget.
Setelah mandi, ingin beli pecel. Pecelnya seharga 500 perak, tempe gorengnya 250 perak, dawet/cendol seharga 800 perak. Pecelnya bener2 enak, pedesnya berasa. Tempe gorengnya gurihh..gak seperti tempe goreng di surabaya.
Tapi lagi-lagi si mbah bilang itu kemahalan. Karena biasanya kalau orang desa yang beli tempe gorengnya cuma dijual 200 perak, dan cendolnya cuma 500 perak.
Apa aku harus salahin si penjual? Gak lahhh ... bagiku harga segitu itu udah murah banget. Dengan harga segitu buktinya aku udah bisa makan kenyang, daripada menikmati nasi cap jay seharga 7500 ribu di surabaya, setiap kali makan siang.

Siang jam 11.00 kita sekeluarga pergi ke makam mbah kromo (mbah canggah). Ngerti gak? Jadi si mbah (kakek aku) punya kakek ya mbah kromo ini, jadi katanya aku manggil beliau mbah canggah.
Jauhhh banget tempatnya.. melewati gunung2, melewati sawah .... uhhh pemandangan yang indah dan memilukan. Ternyata masih banyak masyarakan miskin di daerah pedesaan. Tayangan bedah rumah tuhhh masih mendingan rumahnya, di sana lebih parah ... banyak rumah yang hanya terbuat dari kayu gedeg ...
Percaya gak percaya ... mungkin makam si mbah kromo ini pantas dimasukkan dalam acara percaya gak percaya or may be rekok MURI.
Seluruh penduduk desa gak percaya ada makam yang tiba2 tanahnya bisa tinggi sendiri.
Tingginya kira-kira lebih dari 160cm. Padahal makam itu dulunya rata seperti makam pada umumnya. Kata penduduk sih... bertambah tinggi tanah makam itu, berarti keturunannya banyak rejekinya...aminnnn....(berarti aku juga bisa banyak rejeki kan?)
Karena dengar kabar seperti itu, si pakdhe Jakarta(kakak ibu) langsung membangun tuh makam, so ... sekarang kita kalau nyekar gak susah kasih bunga karena ada tangganya :)

Karena si ibu sakit, kita gak bisa putusin pulang hari sabtu. Jadi kita berangkat minggu pagi jam 4.

Karena udah tahu kondisi warga pedesaan, aku nih jadi bertanya-tanya ... dengan naiknya dollar, naiknya harga BBM ... and of course semua harga sembako pasti naik.. Gimana masyarakat miskin seperti mereka bisa hidup?
Sedangkan aku yang jelas2 berstatus pegawai aja begitu sesak ... ketika menghadapi kenyataan bahwa gula sekarang udah 6200 :)
Oh God ... sampai kapan nih SBY bisa membuktikan 100 janjinya?

Gimana nih long weekend kalian semua? Menyenangkan gak?

Sorry ya baru kali ini ceritanya kepanjangan, he,,he,, (jangan marah bacanya, dinikmati aja ya..) Sayang nih aku gak bawa kodak waktu di sana.

Have a nice day!