Friday, August 26, 2005

Blog dan persahabatan

Gak kebayang kalau aku akhirnya bisa menikmati dan berkecimpung di dunia blog.
Dulu aku pernah mimpi2, ingin punya website pribadi. Pokoknya aku ingin sekali nampilin foto aku yang memang gak cantik tapi lumayanlah buat dipandang sama tikus2 kolong tempat tidur :), aku juga ingin tulisanku dibaca orang banyak, aku ingin menyampaikan ide-ide jelekku mengenai hidup (sok berfilsafat).

Dan ternyata, aku menemukan blog sebagai tempat curhatku. Blog adalah tempat aku mengeluarkan uneg2 tanpa takut diedit. Luar biasanya, ternyata aku mendapatkan teman2 baru dari blog juga.

Di blog, selalu ada saja beberapa teman yang say hello, kasih comment dan tanya kabar. Baru aku sadari, sebuah persahabatan itu bisa saja terjadi di dunia maya.
Memang sihh terlihat konyol. Chatting room, pertemanan online, email dan sekarang blog. Terkadang orang akan terkekeh jika mendengarkan kita jatuh cinta pada teman dunia maya, atau jika kita percaya pada sahabat maya kita yang bercerita bahwa ia tertimpa musibah.
Memang sih ... dunia maya tidak bisa diraba.
Kita tidak akan pernah tahu kebenaran lawan bicara kita. Tetapi apakah dari sekian juta orang2 di dunia maya, tidak ada yang memahami arti persahabatan atas dasar kejujuran?

Aku terkejut sekali ketika membuka blog *Tina*, yang menceritakan bahwa *Sha* telah meninggal dunia. Aku mencoba meyakinkan dengan visit ke blogfam, dan ternyata memang sha sedang ramai dibicarakan.

Beberapa kaum blogger sangsi akan kematian Sha, dan sebagian percaya.
Tidak bisa dipungkiri dan tidak bisa menyalahkan mereka yang sangsi, karena ini memang dunia cyber ... dunia maya.
Kaum blogger tidak tahu alamat sebenarnya sha, rumah sha dimana dan apakah sha mempunyai kekasih, dsb. Itu adalah privacy sha. Hak sha untuk menceritakan atau tidak.

Dan yang aku salut, ternyata blogger telah berhasil membentuk suatu persahabatan dan persaudaraan yang solid.
Sesama pecinta blogger ikut sedih ketika sahabat mereka sedih dan ikut tertawa jika sahabat mereka dilanda kegembiraan.

Sha .. sempat menjadi pengunjung setia blog aku. Sha memberikan beberapa comment yang berarti. Kehadiran sha terkadang sangat aku rindukan dengan sapaan dan ucapan met weekend-nya. Sayang ... kini tidak ada lagi sha.

Jika aku ditanya apakah aku merasakan nyesel mengenal dunia cyber? Aku jawab tidak. Aku tahu aku menemukan sahabat yang tak nyata, tetapi justru sahabat2 tak nyataku telah menjadi bagian dari kehidupanku.

Empat tahun lalu, saat pertama kali aku kenal dunia cyber aku ikut dalam Y! dan berkenalan dengan dua orang laki2 dari India & Australia. Maya .. gak nyata, cyber .. tetapi nyata. Shoaib tidak pernah lupa menelepon aku setiap dua minggu sekali, walaupun itu jauhnya di India. Bernard juga baik hati, mengirimkan paket hadiah di hari pernikahanku :)

So ... masihkah kalian nyesel mengenal blog? mengenal dunia cyber?
Aku semakin mencintai Blog ... karena disini aku menemukan kalian ... para sahabatku :)