Friday, May 27, 2005

Karena cinta

Ilustrasi 1

"san, why you look so sad today?" tanya Amel pada san-san sohib dekatnya.

"mel, lu gak akan percaya atas apa yang gue lakukan semalam!" jawab san-san.

"lu bikin gue penasaran, memang apa yang lu lakukan semalam sih, hingga wajah lu kayak kerta buram gitu?" Amel bertanya dengan nafas memburu.

"Mel,..please kalau gue cerita lu jangan benci gue ya! lu jangan marahin gue!" san-san tiba-tiba memohon dengan mata berkaca-kaca.

"Hey.hey.hey. san gue sohib lu, apapun yang lu ceritakan gue akan dengar dan gue masih akan tetap jadi sohib lu!" Amel mencoba meyakinkan San-san.

"Mel, keperawanan gue hilang semalam!" Airmata san-san sudah keluar bercucuran.

"What? hilang! Katakan sama gue siapa yang berani memperkosa lu?" tanya Amel marah.

"Mel, gak ada yang memperkosa gue. Ini gue lakukan karena cinta!" San-san menangis semakin kencang.

"Karena cinta? Siapa yang bilang, bahwa cinta harus diukur dengan menyerahkan keperawanan?" tanya Amel marah.

"Roy bilang, kalau aku mencintai dia, aku harus membuktikannya dengan dengan melayani dia selayaknya suami istri. Dan aku berpikir itu memang benar, karena aku cinta dia dan karena aku takut kehilangan dia. Tetapi setelah malam kemarin, aku menyesal!" San-san meraih tubuh amel dan meminta pelukan persahabatan.

Ilustrasi 2

"Eh, ko..kenapa lu gak ikutan camping yang diselenggarakan kampus minggu depan?" tanya Rudy terhadap Nico.

"Gue gak punya uang rud...gue sangat bokek. Keuangan gue menipis!" Nico menjawab pertanyaan Rudy dengan lesu.

"Wah..tumben-tumben amat lu gak ada duit. Ortu lu kalau memberi uang saku kan berlebih-lebih?" tanya Rudy.

"Iya sih..tetapi kemarin uang saku satu bulan udah ludes!" jawab Nico.

"Satu bulan ludes dalam waktu singkat, sampe lu gak bisa ikutan camping? Why?" Rudy bertanya dengan rasa penasaran.

"Tirsa cewek gue minta HP Nokia yang berkamera. Gue gak enak untuk pacar, masak minta ortu. Dan gue melakukan itu karena bener2 udah cinta Tirsa!" jawab Nico.

"Waduhh..lu terlalu memuja cewek lu sampe segitunya!" Rudy terbengong-bengong mendengar cerita Nico.

Ilustrasi 3

"Kepalaku rasanya mau pecah!" Yoyok tiba-tiba mengadu pada Arya.

"Kenapa?" tanya Arya.

"Istriku bikin ulah lagi! Ia berhutang lagi kepada tetangga-tentangga di samping kanan dan kiri..ujung-ujungnya aku lagi yang harus melunasi hutang-hutangnya yang menumpuk!"

"Apa kamu gak bisa menasehatinya supaya tidak melakukan hal itu lagi?" tanya Arya.

"Sudah..dan tidak pernah memperbaikinya! Setiap ia ditagih oleh tetangga-tetangga, ia akan minggat tanpa berpamitan padaku, otomatis tetangga2 akan meminta uang padaku!"

"Wah yok, kalau aku punya istri macam begitu aku udah gak sanggup. Ceraikan saja lahhh!" Arya memberikan usulan.

"Aku gak bisa, selain karena aku sudah mencintainya..ia juga Ibu dari kedua anakku. Setidaknya aku mencoba bertahan!" Niko mendesah dengan nafas panjang untuk menahan emosinya.

Ilustrasi 4

"Na, wajah lu kenapa? Merah-merah begitu, dan mata lu kelihatan habis menangis?" tanya tia pada nana adiknya.

"gak apa-apa kok kak!" tia langsung duduk di ranjangnya.

"Pasti deny nampar lu lagi ya? udah lu ngaku aja!" nana mendekati tia dengan rasa emosi.

"Kak, jangan cerita mama ya..kalau deny sering ringan tangan!" tia memohon pada nana untuk tidak menceritakan apa yang baru saja dilihatnya.

"Gue gak bisa terima ya perlakuan dia. Lebih baik pertunangan kalian dibatalin aja deh!" nana terlihat kesal.

"Gak mungkin kak..udah tinggal minggu depan. Sayang kalau mau dibatalin!"

"Apanya yang gak mungkin? lebih baik batal pertunangan, daripada berlanjut ke pernikahan. Hidup lu bakal seperti di neraka!"

"Tapi..gue udah cinta dia kak! Apapun yang dia lakukan, kemarahan dia, tamparan dia mungkin dia lakukan karena cinta!" tiya mencoba membela deny.

"Ya udah ya..makan aja tuh cinta!" nana kesal dan berlalu dari kamar Tiya.


++ ** ++ ** ++ ** ++ ** ++

Dan bila aku berdiri, tegar sampai hari ini
bukan karena kuat dan hebatku
Semua karena cinta
Semua karena cinta
tak mampu diriku
dapat berdiri tegar
terima kasih cinta..

* kata lagu si 'Joy Tobing'


semua selalu bilang 'karena cinta'
sebenarnya descripsi cinta itu apa sih?