Saturday, March 19, 2005

Kematian

Tepatnya tanggal 10 Maret, inbox email aku tertulis "Berita Duka". Daripada penasaran langsung aja aku click.
Shock banget ngedengarnya. Gimana gak? Yang meninggal itu ternyata kakak kelas aku waktu aku kuliah di Akse. Si Mbak ini pernah jadi Ketua Senat, dia aktif banget, udah gitu belum nikah lagi.

Aku sempat nanya dalam hati "Kenapa sih Tuhan ambil dia, di usianya yang masih muda?"
Aku jadi ingat kematian sohib aku dua tahun yang lalu, ingat dia jadi sedihhhh banget.

Kata orang sih "Kematian itu bak pencuri di siang hari, yang kedatangannya gak bisa diduga", makanya kita manusia disarankan bahkan diwajibkan banyak2 berbuat baik. Buat apa sihhh? Katanya untuk nabung di akhirat sana, supaya kalau kita sewaktu-waktu dipanggil menghadapNya kita siap.

Jika seseorang bertanya padamu "Kamu pernah mengalami kematian atau tidak?"
Apa sih yang akan kamu jawab??

Pernah ada seseorang berkata padaku "sebenarnya kamu juga pernah mengalami kematian, tapi kamu tidak sadar akan hal itu!"
Aku berpikir panjang, dan aku berpikir lama. Secara nyata, aku pernah mengalami kepedihan atas kematian seseorang yang aku sayangi ya sohib aku, juga kakek aku. Tetapi jika aku yang dinyatakan mengalami kematian rasanya memang aku belum pernah mengalami apa yang disebut mati.

Seorang tersebut bertanya lagi padaku, "apa kamu pernah membenci seseorang hingga kamu tidak menyapanya atau tidak mau memaafkan segala kesalahannya?"
Sure...aku jawab pernah.
"Apa kamu pernah bersikap egois dan ingin menang sendiri dalam beberapa hal?"
Dan jawabanku adalah 'PERNAH'...manusiawi banget gitu..semua pernah merasakan juga bukan?
Ia berkata.."Ya itulah, kamu sudah mengalami kematian!"
Saat suami berselingkuh dari istrinya, saat kekasih menghianati cinta kekasihnya, saat sahabat tidak memaafkan kesalahan sahabatnya..mereka telah mengalami kematian.
Kematian dari dalam diri, bukan kematian dalam arti sesungguhnya.

Swear..aku baru faham. Dan jujur banget, aku gak mau lagi mengalami kematian.
Tetapi untuk kematian secara sesungguhnya...siapa yang bisa menolak kuasa Tuhan?

Kematian menjadi satu kata yang mengerikan bahkan momok bagi tiap insan di dunia ini, sedikit sekali orang yang faham bahwa kematian adalah rangkaian dari kehidupan. Ada kelahiran berarti ada kematian, seperti adanya awal dan akhir.

Image hosted by Photobucket.com22 Maret 2005