Wednesday, February 16, 2005

Valentine

14 Februari selalu identik dengan warna pink. Kata orang-orang sih 'Ini hari kasih sayang, dimana setiap orang wajib hukumnya mengungkapkan perasaan sayangnya terhadap seseorang yang bener-bener mereka sayang'.

Hebohnya, setiap tayangan televisi, setiap mall, toko, swalayan...semua jadi bertema valentine. Ada toko yang khusus menjual cokelat, bunga mawar dari plastik, pokoknya semua kado-kado untuk valentine.

Ada seorang cewek, cleaning service di kantor aku, tiba-tiba bertanya padaku "Mbak, valentine mau kemana?" dengan senyum ringan aku balik menjawab, "Gak pergi kemana-mana, kamu sendiri mau kemana?"
Dengan malu-malu dia jawab, "Gak kemana-mana mbak, masih jomblo!"

He..he.. aku jadi senyum-senyum sendiri. Jadi orang jomblo, gak punya pacar gak pantes ngerayain valentine? Katanya Valentine itu hari kasih sayang..bukankah kasih sayang itu bisa ditujukan bukan hanya pada pacar, kekasih atau istri/suami? Bagiku menunjukkan kasih sayang sih luas jangkauannya, bisa pada ortu, sohib, adek, kakak.

Ada berbagai opini mengenai asal mula hari valentine. Beberapa pakar berpendapat bahwa hari valentine adalah perayaan meninggalnya Santo Valentine, seorang romawi yang jadi martir. Legenda juga menambahkan bahwa St. Valentine meninggalkan secarik surat perpisahan pada putri sipir penjara yang telah menjadi sahabatnya dan ia tandatangani "Dari Valentine-mu".

Versi lain lagi berpendapat, di Roma jaman Pemerintahan Kaisar Claudius II, semua pemuda diwajibkan untuk menjadi tentara, ikut berperang. Claudius terkenal karena kekejamannya. Karena ia sulit mendapatkan tentara, maka ia berpendapat bahwa setiap lelaki berat meninggalkan istri atau kekasihnya atau juga keluarganya. Maka Claudius memutuskan untuk membatalkan pernikahan setiap lelaki di Roma. Semua dilarang untuk menikah ataupun bertunangan. Tetapi dengan diam2 Santo Valentine (sebagai imam) dan Santo Marius menikahkan secara diam-diam setiap pasangan yang dibatalkan pernikahan/pertunangannya. Claudius marah, dan akhirnya menghukum mati Santo Valentine. Santo Valentine mengalami mati kemartiran pada tanggal 14 Februari sekitar tahun 270.

Cerita ini sih pernah aku baca di sini :

Valentines day history
Pondok Renungan

Mengetahui sejarah asal mula Valentine lebih baik daripada ikut merayakan tanpa tahu asal-usul serta makna yang terkandung dari perayaan itu.

Happy Valentine !